FIFO kombinasi dalam Manajemen Penyimpanan ASIP


"Semakin dingin suhu maka akan memberikan ASIP yang semakin awet dan tahan lama”,  ini adalah prinsip yang saya gunakan dari pengalaman selama menyusui ke-2 anak saya, SUHU menjadi peranan penting dalam manajemen penyimpanan ASI, oleh karenanya itu yang menjadi alasan saya untuk menyediakan penyewaan ASI dengan tipe DEEP/CHEST FREEZER.
Beberapan pengolahan asip yang dulu saya (dan mungkin para bunda lakukan) adalah sebagai berikut:
FIFO – First in First Out, sesuai katanya, setiap habis pompa langsung dimasukkan ke Freezer kemudian yang diberikan ke bayi adalah yang tanggalnya paling lama.

Cara FIFO bisa diberikan dengan pemberian ASIP segar, dengan cara ini bayi mendapat Asip beku dan Asip segar. Jadi, segera selesai pompa sebagian asip dibekukan untuk stok dan sebagian diberikan ke bayi untuk besoknya (dikombinasi antara asip fresh dan asip beku). Misalnya bayi minum 6 botol, yg 3 botol asip beku dan 3 botol asip segar (yang diperah kemarin).
Cara-cara ini tentunya didasari karena saya status sebagai wanita karir, tapi apabila Bunda memiliki banyak waktu bersama balita anda dirumah tentunya ada cara lainnya yaitu selalu memberikan ASIP segar dan menyimpan apabila ada sisa, sewaktu-waktu dibutuhkan.

Apabila ada cara lain yang bunda biasa lakukan, mohon berbagi pengalaman nya...

Komentar

Postingan Paling Diminati

Membersihkan bunga es pada freezer ASI

Menyimpan ASI Perah

Tips merawat Freezer ASI