ASI dan Kecerdasan Anak Laki-laki

Jika dijabarkan, manfaat Air Susu Ibu (ASI) tidak akan ada habisnya. Salah satu manfaat ASI yang jarang diketahui adalah bisa meningkatkan nilai akademis saat si anak beranjak dewasa. Bahkan, setelah 10 tahun manfaat ASI masih bisa dirasakan oleh anak-anak, terutama anak laki-laki.

Para peneliti dari University of Western Australia telah menganalisis data dari 1.038 anak-anak usia 10 tahun dalam hal kemampuan matematika, membaca, menulis, dan mengeja. Perkembangan otak anak-anak tersebut dipantau sejak masih berusia 18 pekan dalam kandungan. Para peneliti tersebut mencari kaitan antara durasi anak-anak tersebut mendapat ASI terhadap berbagai kemampuan akademik.
Hasilnya cukup mengejutkan. Anak yang mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan atau lebih ternyata mencapai prestasi akademik yang lebih tinggi dibanding anak-anak yang minum ASI kurang dari 6 bulan. Hasil riset tersebut dipublikasikan di Jurnal Pediatrics pada Januari 2011. Penelitian itu juga menyimpulkan manfaat ASI memang sedikit berbeda menurut jenis kelamin. Anak laki-laki cenderung lebih mendapatkan manfaat dari pemberian ASI dalam durasi yang lebih lama.

Sebenarnya efek yang sama juga dialami anak perempuan. Namun kalah menonjol dibandingkan pada laki-laki. Para peneliti menduga efek kurang dominan pada anak perempuan karena laki-laki cenderung lebih peka terhadap kedekatan hubungan ibu. Dugaan lain adalah otak anak perempuan dilindungi hormon tertentu yang menghalangi masuknya zat-zat yang terkandung dalam ASI.
Source: parentsindonesia.com



Komentar

Postingan Paling Diminati

Membersihkan bunga es pada freezer ASI

Menyimpan ASI Perah

Tips merawat Freezer ASI