ASI Lancar, Mudik Menyenangkan



Berada jauh dari rumah ataupun sedang tidak berada di tempat nyaman ketika mudik, bukanlah halangan untuk menyusui si kecil. Bayi yang selalu lapar dan minta disusui dimana saja memang menjadi tantangan tersendiri saat Anda harus menempuh perjalanan berjam-jam selama mudik. Ikuti kiat ini agar kegiatan menyusui tidak terganggu


Ibu cukup Nutrisi Menurut Dr. Setyorini Handryastuti, SpA(K), dokter spesialis anak sekaligus penasihat Parents Indonesia, untuk tetap menghasilkan ASI yang baik secara kuantitas dan kualitas saat mudik, ibu harus memerhatikan kecukupan nutrisi untuk tbuhnya. Penuhi kebutuhan cairan tubuh, sehingga produksi ASI dan refleks pengaliran (LDR) susu berjalan dengan lancar. Bekali dii dengan buah segar atau air putih.


Siklus rutin Selain itu, meskipun sedang dalam perjalanan, waktu menyusui si kecil sebaiknya dilakukan pada jam sama seperti biasanya. “Berikan ASI dalam siklus menyusui yang sama. Terutama pada bayi yang masih diberikan ASI eksklusif, sebaiknya disusui setiap 2-3 jam sekali,” katanya.
Dalam keadaan sehat. 

Selain itu, Dr Handry juga menegaskan bahwa sebaiknya saat dibawa mudik, bayi harus dalam keadaan fit. “Bayi yang cukup tidur dan istirahat akan memiliki selera menyusu maupun makan dengan baik.”


Sumber: http://www.parentsindonesia.com/article.php?type=article&cat=babies&id=1246

Komentar

Postingan Paling Diminati

Membersihkan bunga es pada freezer ASI

Menyimpan ASI Perah

Tips merawat Freezer ASI